IMG_20220518_105944

Ujian Akhir Sekolah Dimulai!

Selasa (17/5), anak-anak sekolah dasar kelas 6 se-kota Banjarbaru memulai Ujian Akhir Sekolah (UAS) hingga kurang lebih 1 minggu ke depan.

UAS ini merupakan agenda tahunan bagi siswa-siswi kelas 6 yang dilaksanakan di akhir semester genap (II). Beberapa mata pelajaran yang diujikan seperti, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP, IPA, IPS, BTA, PJOK, Muatan Lokal, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Agar kegiatan UAS berjalan dengan lancar, dilakukan beberapa persiapan. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Pelaksana UAS SDN 2 Landasan Ulin Utara, Amelia Agustina, S.Pd., persiapan seperti kebersihan ruang kelas, penataan meja dan kursi beserta denah tempat duduk, kartu peserta ujian, hingga tata tertib peserta dan pengawas ujian dipersiapkan, agar saat pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar.

UAS menjadi salah satu pengukur capaian kompetensi bagi seluruh peserta didik dan menjadi salah satu penentu kelulusan mereka. “Nilai UAS berbobot 40% dalam menentukan kelulusan peserta didik. 60%-nya dari nilai rapor 5 semester, yaitu nilai kelas 4 semester 1 dan 2, nilai kelas 5 semester 1 dan 2, dan nilai kelas 6 semester 1”, tutur bu Amel, yang menjadi sapaannya sehari-hari.

Maka dari itu, bu Amel sangat berharap anak-anak peserta UAS dapat mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh, persiapan yang matang, seperti mempelajari materi yang diujikan, menjaga pola makan danĀ  kesehatan, istirahat yang cukup, hingga mempersiapkan kelengkapan ujian, seperti alat tulis dan kartu ujian, serta segala yang diperlukan saat di ruang ujian.

Bu Amel mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang ujian tahun ini dapat dilaksanakan tatap muka dengan menjaga protokol kesehatan, tidak seperti tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya ujian dilakukan secara daring (dalam jaringan) dari rumah, dan banyak kendala yang dirasakan sehingga dirasa kurang maksimal dalam pelaksanaan, terutama dalam pengawasan anak-anak dalam ujian. “Kalau mengerjakan ujiannya di rumah kan kita susah yah mengawas anak-anak saat mengerjakan soalnya, juga rentan terjadi kecurangan“, ungkap wali kelas 6A kelahiran bulan Agustus ini.

Kami, semua guru SDN 2 Laura berharap, ujian tahun ini dapat berjalan dengan lancar, dan bagi anak-anak kami kelas 6 yang mengikuti ujian mendapatkan hasil yang maksimal, serta lulus 100%“, ujar bu Amel menyampaikan harapannya.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Kepala SDN 2 Laura selaku Penanggung Jawab kegiatan UAS, Rokhif, S.Pd.SD, bahwa “Saya berharap anak-anak kelas 6 dapat lulus semuanya, tidak ada yang tertinggal, dan harapan saya juga agar semuanya dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, baik itu melanjutkan ke SMP, MTs, atau ke Pondok Pesantren, sehingga tidak ada yang putus sampai di sini“.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *